Minggu

Atasi Rasa Takut Hadapi Kegagalan

KEGAGALAN adalah sukses yang tertunda.Namun,banyak orang yang tidak siap berhadapan dengan kegagalan.Banyak orang yang mengalami depresi,stres,bahkan trauma menemui kenyataan bahwa dirinya gagal.Cerita-cerita akan susahnya menghadapi kegagalan,terang Anton Belderrama,ahli perkembangan karir dari Amerika Serikat (AS),membuat orang takut gagal bahkan sebelum bertindak.
“Lebih tragis lagi,banyak orang pintar yang mengalami kegagalan hanya karena dibayangi rasa takut gagal.Tidak jarang orang yang tidak terlalu pintar malah bisa meraih kesuksesan karena keyakinan dan rasa percaya diri yang cukup tinggi,” Kata Anton.
Dikatakan,dalam upaya meningkatkan karir,seseorang harus berani mengambil resiko.Seperti melakukan hal-hal baru yang belum pernah dicoba sebelumnya.Seperti yang hendak dicapai,atau hal-hal lainnya.”Cukup sering,resiko yang tinggi antara kegagalan dan kesuksesan,jadi titik kritis dalam perjalanan karir seseorang”terangnya.
Anton menambahkan,orang orang yang mampu berusaha dan mengambil resiko akan kegagalan adalah orang-orang yang percaya diri,agresif ,sedikit nekat,pandai bicara yang dipandu dengan pengetahuan yang memadai dan memiliki performance yang bagus.Sedangkan orang yang pintar,tetapi tidak pandai mempresentasikan kepandaiannya,sulit sekali menggapai sukses. Jika anda orang yang termasuk takut gagal dan sulit merefleksikan kepandaian Anda,maka kini saatnya untuk berubah.

Janganlah sia-siakan waktu yang berharga dengan berbagai macam ketakutan.Yang pertama,adalah jangan pernah takut gagal.Sikap itu menunjukkan anda punya percaya diri yang sehat.Sikap ini merupakan modal dasar seseorang untuk menggapai sukses.Karena orang yang percaya diri dan tidak takut gagal adalah orang yang menghargai kempauannya.Jika anda percaya diri,orang akan tertarik untuk memperhatikan dan anda punya kesempatan untuk unjuk kemampuan.
Paculah semangat anda dengan mengisi hari-hari pada kegiatan yang berkualitas.Anda tidak akan menghasilkan apa apa dengan hanya termenung sendiri.Jangan lupa untuk mengembangkan pergaulan seluas-luasnya.Jika hanya mengurung diri saja,orang tidak akan pernah tahu anda memiliki kepandaian.
Jangan terlalu birokratif.Sikap ini hanya akan membuat anda selalu merasa ragu dan terpatok pada berbagai macam peraturan.Jadi cobalah untuk bersikap lebih berani dan sedikit nekat.Sedikit melewati batasan atau kenormalan,tidak ada salahnya untuk dicoba.Jangan menutup diri dari kritik.Mendengar dan menerima kritik adalah salah satu cara mengoreksi kekurangan diri.
Satu hal yang tidak boleh dilupakan adalah jangan selalu meratapi kegagalan .Mau tidak mau anda memang harus menghadapinya.Kegagalan tidak berarti apapun dalam hidup jika tidak direfleksikan.Lalu anda harus bangkit dan menatap hari esok.Kesempatan itu selalu ada!

4 komentar:

Percaya Diri mengatakan...

Artikel percaya diri yang sangat bagus. Salam kenal & sukses ......

Sumartono mengatakan...

Sukses kawan, lama tidak berkunjung.
Dengan kepercayaan diri adalah modal utama untuk menyongsong hari yang lebih baik.

Denny mengatakan...

artikelnya bagus.. :)

SMART WEB mengatakan...

cayo!!!